Kemunculan virus corona dari akhir Desember 2019 di kota Wuhan, China hingga saat ini masih belum teratasi dengan sempurna. Karena kini penyebarannya tidak hanya ke wilayah China saja, berbagai daerah di negara-negara lainnya pun juga ikut terkena dampaknya. Indonesia menjadi salah satu negara yang juga turut terkena dampak penyebarannya. Pemerintah sudah mulai melakukan anjuran-anjuran untuk mencegah penyebaran coronavirus ini semakin meluas dan mengancam kesehatan serta keselamatan jiwa.

Coronavirus merupakan kumpulan virus yang mampu menginfeksi sistem pernapasan manusia. Awal mulanya virus ini menular dari hewan ke manusia, namun kini dari manusia ke manusia pun juga bisa terjadi. Cara penularan virus ini tergolong mudah, dimana bisa melalui percikan air yang keluar dari mulut dan hidung penderita corona ketika batuk atau bersin saja. Individu yang tidak sengaja terkena percikan air ini kemungkinan besar bisa ikut terinfeksi corona nantinya.

Virus corona umumnya jika menginfeksi tubuh manusia akan menimbulkan gejala ringan seperti orang sakit flu. Namun pada kondisi serius juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat seperti pneumonia. Meskipun sebagian besar kasus corona bisa sembuh dengan sendirinya, namun tidak sedikit juga penderita yang harus kehilangan nyawanya lantaran mengalami gangguan pernapasan akut hingga komplikasi serius pada organ tubuhnya. Sehingga memang tidak bisa dianggap remeh dalam menghadapi coronavirus ini.

Mencuci tangan menjadi salah satu cara yang dinilai efektif untuk mencegah penyebaran coronavirus penyebab penyakit COVID-19 (corona virus disease 2019). Karena tangan menjadi salah satu media yang sering sekali digunakan ketika beraktivitas sehari-hari. Sehingga memastikan kebersihannya dari kuman bahkan virus yang menempel akan meminimalisir kemungkinan untuk masuk ke dalam tubuh manusia. Terutama jika Anda sedang atau setelah beraktivitas di area publik, seperti pasar, transportasi umum, tempat ibadah, dll.

Mencuci tangan memang sekilas terlihat mudah untuk dijalankan. Namun tidak sedikit orang yang masih kurang tepat dalam melakukannya. Sehingga masih kurang maksimal dalam mencegah penularan coronavirus. Ada beberapa kesalahan dalam mencuci tangan yang sebaiknya Anda hindari agar mampu melawan coronavirus saat ini, antara lain:

1. Mencuci tangan hanya setelah selesai melakukan kegiatan di toilet.

Hal ini kurang tepat karena ada banyak kondisi yang mengharuskan kita untuk sering-sering mencuci tangan, seperti setelah membuang sampah, menyentuh hewan peliharaan, sebelum makan, dll.

2. Menggunakan sabun dulu.

Dalam mencuci tangan, awali dengan membasahi tangan dengan air terlebih dahulu baru kemudian tuang sabun untuk menciptakan busa agar lebih efektif dalam melawan kontaminan.

3. Hanya mencuci bagian telapak tangan saja.

Selain telapak tangan, ada bagian dari tangan lainnya yang perlu diperhatikan kebersihannya., seperti bagian punggung, sela-sela jari, punggung jari tangan, dan ujung jari tangan tepatnya di bawah kuku.

4. Terlalu cepat.

Pastikan dalam mencuci tangan dengan air dan sabun, gosok bagian tangan selama kurang lebih 20 detik.

5. Tidak menggunakan sabun.

Sabun sangat efektif untuk membersihkan kuman maupun bakteri yang menempel di tangan, sehingga jangan lupa menggunakan sabun saat cuci tangan.

6. Tidak mengeringkan tangan.

Kuman dan bakteri mudah berpindah dari tangan yang basah. Oleh karena itu, keringkan tangan setelah selesai mencuci bersih dengan air dan sabun.

Itu tadi beberapa kesalahan dalam mencuci tangan yang sebaiknya dihindari dalam mencegah penyebaran virus corona. Untuk info seputar coronavirus dan berbagai langkah pencegahannya, Anda bisa mencari informasi dari sumber terpercaya seperti Halodoc.