Manfaat Susu yang Baik Untuk Pencernaan Anak
September 25, 2020 Oleh Admin 0

Manfaat Susu yang Baik Untuk Pencernaan Anak

Susu adalah minuman andalan agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Manfaat susu yang baik untuk pencernaan anak memang tak terhingga.

Apalagi pencernaan merupakan salah satu sistem organ yang tentunya sangat penting untuk proses pertumbuhan sang buah hati. Masalah pada saluran cerna pada anak bisa memunculkan kondisi gagal tumbuh dan masih banyak lagi. Ini cara yang bisa dilakukan oleh orang tua agar bisa menjaga kesehatan pencernaan anak.

Pencernaan Sehat, Kunci Daya Tahan Tubuh Anak

Sistem pencernaan anak terbagi menjadi dua. Pertama ada saluran cerna atas yang dimulai dari mulut, tenggorokan, lambung, dan sebagian usus halus. Sedangkan yang kedua saluran cerna bawah, dimulai dari usus halus, usus besar, hingga anus.

Fungsi utama dari sistem pencernaan yaitu agar bisa mencerna hingga menyerap zat makanan. Apabila anak mengalami masalah dengan saluran cerna, maka penyerapan nutrisi dalam tubuhnya tidak akan optimal.

Dampaknya, anak akan mengalami kekurangan nutrisi sehingga bisa menyebabkan pertumbuhannya menjadi terhambat atau berisiko mengalami gizi buruk.

Tak hanya itu, sistem pencernaan tubuh juga sangat berperan dalam proses pertahanan tubuh. Misalnya, zat asam pada lambung dan komponen bakteri baik itu dalam saluran cerna sebenarnya berguna supaya kuman tidak masuk ke dalam tubuh dengan melalui saluran cerna.

Nah, itulah mengapa gangguan saluran cerna bisa menyebabkan menjadi lebih mudah sakit karena kurang optimalnya fungsi dari pertahanan tubuh.

Pada awal kelahiran fungsi saluran cerna pada anak belum sempurna. Tidak heran kalau masalah pencernaan seperti muntah, diare, dan sakit perut sering terjadi pada anak-anak. Tetapi, seiring dengan perkembangan usia, fungsi dari saluran cerna anak akan lebih matang seperti hal nya dengan fungsi saluran cerna orang dewasa.

Nutrisi Tepat untuk Melindungi Saluran Cerna Anak

Agar bisa menjaga kesehatan saluran cerna, maka anak perlu mendapatkan asupan nutrisi yang tentunya seimbang dan tepat. Maksud seimbang di sini yaitu asupan tersebut harus memiliki kandungan zat-zat makronutrien dan mikronutrien.

Selain itu, jenis makanan yang akan diberikan juga harus sesuai dengan tahap perkembangan oromotor dan saluran cerna anakl.

Nah, salah satu jenis asupan yang bisa diberikan pada anak adalah susu. Manfaat susu pastinya sudah tidak diragukan lagi. Susu sangat penting agar bisa melindungi saluran cerna anak.

Selain mempunyai kandungan makronutrien dan mikronutrien yang lengkap, beberapa jenis dari susu juga menyimpan zat-zat esensial untuk kesehatan pencernaan anak, seperti serat pangan.

Serat pangan adalah makanan bagi para bakteri baik atau probiotik yang terdapat di dalam saluran cerna. Kombinasi diantara serat pangan dan probiotik bisa membentuk sebuah sinbiotik. Sinbiotik ini tentunya sangat penting untuk menjaga daya tahan saluran cerna anak sehingga tidak mudah sakit.

Sebaliknya, apabila sinbiotik dalam saluran cerna tidak dijaga dengan baik, maka bakteri jahat malah akan lebih berkembang di dalam saluran cerna. Dan akan mengakibatkan anak dapat mengalami berbagai masalah saluran cerna, seperti diare, muntah, sulit BAB, sakit perut, dan masih banyak lagi.