Tips Hemat Uang Setiap Hari Biar Hidup Sejahtera
Juli 16, 2020 Oleh Admin 0

Tips Hemat Uang Setiap Hari Biar Hidup Sejahtera

Setiap orang pastinya ingin memiliki keuangan yang stabil. Berhemat dengan melakukan berbagai tips hemat merupakan salah satu caranya. Hemat dalam menggunakan uang bulanan atau uang belanja tentunya hidup terasa lebih tenang dan bahagia.

Jika Anda bisa menyiasati penghematan, maka keuangan Anda dijamin akan selalu aman tanpa menyiksa diri. Karena Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup Anda. Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips menerapkan hidup hemat.

1. Kurangi kebiasaan buka situs belanja online

Sekarang ini, sudah banyak toko online bermunculan. Biasanya hanya perlu buka dari ponsel, pilih barang, bayar, belanja menjadi lebih mudah. Hal inilah yang bisa membuat Anda khilaf. Apalagi dengan harganya yang jauh lebih murah dibanding dengan beli barang di toko offline, karena terdapat diskon, flash sale, hingga bebas ongkos kirim.

Pastinya semua orang akan tergiur apalagi para ibu-ibu. Tapi, jika Anda ingin berhemat, maka sebaiknya kurangi kebiasaan membuka situs-situs belanja online. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari pengeluaran yang tidak diinginkan. Kalau Anda belanja ini itu, pasti pengeluaran keuangan akan membengkak.

2. Jaga mata dan nafsu ketika berbelanja

Disaat Anda sedang berbelanja kebutuhan pokok, pastikan Anda tidak mudah tergiur dari ragam promo yang ditawarkan oleh penjual. Terutama untuk barang-barang yang memang tidak termasuk di dalam daftar belanja Anda. Jika Anda ‘gelap mata,’ maka Anda bisa kalap dan malah menghabiskan uang untuk membeli barang yang tidak bermanfaat. Kecuali promo tersebut untuk barang yang ingin Anda beli, supaya pengeluaran Anda menjadi lebih hemat. Namun, tetap hati-hati ya dengan promo yang menjebak.

3. Beli barang murah

Supaya lebih hemat, Anda bisa mengganti barang yang harganya lebih mahal dengan yang barang yang lebih murah. Misalnya Anda biasa membeli gula pasir merek A yang harganya Rp 17.000 per kg, sedangkan gula pasir curah sebesar Rp 13.000, maka Anda bisa menggantinya dengan membeli gula pasir curah tersebut. Bukankah rasanya sama-sama manis, hanya saja beda yang satu bermerek, yang satu polos tanpa merek.

4. Utamakan kebutuhan, bukan keinginan

Anda harus bisa memisahkan antara keinginan dan kebutuhan. Jika menuruti keinginan, maka tidak akan ada habisnya. Misalnya Anda ingin ganti smartphone lama dengan yang terbaru, padahal itu bukanlah suatu kebutuhan utama karena sifatnya yang masih bisa ditunda.

Apabila Anda lebih mementingkan keinginan dibandingkan dengan kebutuhan, Anda akan terjerat pada pengeluaran keuangan yang tidak produktif. Alokasi uang untuk kebutuhan yang benar-benar penting dan mendesak saja.

Anda juga harus utamakan uang untuk membeli sembako, membayar tagihan rutin, seperti tagihan air, listrik, cicilan kartu kredit, asuransi kesehatan, serta cicilan KPR atau sewa rumah, biaya pendidikan anak, dan kebutuhan penting yang lainnya.

5. Sisihkan uang untuk tabungan, dana darurat, dan investasi

Berhemat bukan berarti Anda mengabaikan tabungan, dana darurat, dan investasi. Anda tetap perlu menyisihkan uang untuk ketiga hal tersebut. Masing-masing sisihkan 10% dari penghasilan yang Anda dapatkan. Lebih besar, maka tentunya lebih baik.

Tabungan dan investasi sangatlah penting untuk masa depan keuangan Anda. Sementara dana darurat telah disiapkan untuk kondisi mendesak dan sifatnya yang tidak terduga, seperti masa dimana kehilangan pekerjaan, sakit, dirumahkan, kecelakaan, dan sebagainya. Ketiganya harus Anda siapkan dalam rekening yang terpisah supaya tidak bisa diganggu gugat.

6. Hidup sederhana

Hemat bukan berarti Anda pelit. Berhemat berarti Anda harus menerapkan hidup yang sederhana. Tidak menghambur-hamburkan uang, hidup bermewah-mewah, boros, meskipun Anda memiliki gaji atau penghasilan yang besar. Gunakan uang Anda agar bisa mendapatkan hal-hal yang bermanfaat.

Dengan sikap sederhana, maka peluang untuk menambah aset menjadi terbuka lebar. Uang dari penghematan bisa Anda gunakan untuk membeli properti, merintis usaha dan menyewakannya, bahkan Anda bisa menambah portofolio investasi. Pundi-pundi uang yang Anda miliki akan mengalir deras ke kantong dan keuangan, jadi masa tua Anda akan terjamin.

Nah, itulah tips tips hemat uang setiap hari biar hidup sejahtera yang bisa Anda terapkan. Karena hidup boros tidak ada artinya. Apabila Anda sudah memiliki rencana untuk berhemat, langsung saja eksekusi. Jangan ditunda lagi.